Beberapa Tips Cara Merawat Aki Mobil

Diposting pada

Bagi Anda yang melakukan segala aktivitas dengan mengendarai mobil pribadi, kondisi mobil dan perangkat di dalamnya merupakan salah satu faktor penting agar Anda bisa tetap lancar beraktivitas. Salah satu perangkat mobil yang memegang peranan penting dalam performa mobil adalah aki. Ya, aki merupakan penyedia energi agar mobil Anda dapat berjalan. Karena itulah, kondisi Anda harus selalu dalam keadaan yang prima. Sayangnya, aki rata-rata hanya memiliki daya penggunaan 3-5 tahun. Agar Anda memiliki daya penggunaan yang maksimal, Anda bisa mengikuti tips cara merawat aki mobil yang akan disampaikan berikut ini.

Tips Merawat Aki Mobil
Tips Merawat Aki Mobil
  1. Menghindari korosi

Tips cara merawat aki mobil yang pertama adalah selalu memastikan bahwa terminal aki tidak mengalami korosi atau berkarat. Mengapa demikian? Apabila terminal aki mobil Anda berkarat, daya penggunaan aki untuk mobil Anda akan mengalami kemunduran. Jadi, umur aki akan semakin pendek. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa secara berkala membersihkan aki mobil Anda. Kalaupun Anda merupakan orang yang sibuk bekerja, selama jangka waktu tertentu Anda bisa mengunjungi bengkel atau teknisi otomotif untuk memeriksa serta memberikan perawatan dengan sebaik-baiknya pada aki di mobil Anda.

  1. Perhatikan pengisian aki ketika akan tidak digunakan selama lebih dari seminggu.

Mengapa Anda harus memperhatikan aki mobil walaupun Anda akan tidak menggunakannya selama seminggu lebih? Hal ini agar aki mobil tidak kering. Aki mobil yang kering tidak akan bisa menyambungkan daya listrik. Karena itulah, walaupun Anda berencana untuk tidak mengendarai mobil selama lebih dari seminggu, Anda harus rutin memanaskan mobil selama beberapa menit. Menyalakan mobil akan membuat aki tetap terisi dan ter-charge.

  1. Non-aktifkan fitur mobil sebelum mobil dimatikan

Tips cara merawat aki mobil yang terakhir adalah mematikan semua jenis fitur mobil sebelum mobil Anda matikan mesinnya. Fitur mobil yang dimaksud contohnya adalah lampu, wiper, radio, alarm, gps, dan sebagainya. Apabila fitur-fitur tersebut tetap dinyalakan, daya aki akan tetap terkuras. Resiko yang paling buruk, hal ini dapat memperpendek daya penggunaan aki serta mengacaukan sistem listrik pada mobil Anda.

CARA MERAWAT AKI MOBIL

Selain melakukan ketiga tips di atas, Anda juga perlu melakukan sendiri atau meminta teknisi otomotif untuk melakukan pemeriksaan dudukan aki serta kabel-kabel yang terhubung pada aki mobil. Apabila kabel aki longgar atau bermasalah, proses charge aki pun akan terganggu. Sementara itu, jika dudukan aki berkarat, Anda perlu meminta ahli di bengkel yang Anda kunjungi untuk mengganti dudukan aki tersebut. Dudukan yang longgar atau bergeser juga perlu diperbaiki sehingga umur penggunaan aki bisa lebih maksimal.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa komponen mobil seperti aki juga memerlukan tips cara merawat aki mobil yang benar agar bisa memiliki daya guna yang maksimal dan lama. Baik dalam penggunaan maupun perawatan, Anda harus memperhatikan setiap komponen aki dengan sebaik-baiknya.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *