Beginilah Prosedur Cara Klaim Asuransi Mobil

Diposting pada

Sudahkah kendaraan Anda terlindungi oleh asuransi? Apabila belum, maka sudah saatnya kendaraan Anda diasuransikan. Nantinya, cara klaim asuransi mobil akan dikelaskan oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan. Meskipun demikian, masih juga banyak pemegang premi yang tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya. Padahal melakukan klaim asuransi merupakan hal yang penting. Sebagai pemilik kendaraan, tentunya mobil merupakan properti yang berharga. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka tentunya keberadaan asuransi tersebut akan membuat kita merasa lebih terbantu. Akan sangat disayangkan apabila setelah membayar premi bulanan secara rutin, kita tidak melakukan klaim terhadap mobil kita. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan klaim.

  1. Menghubungi pihak perusahaan asuransi

dimulai dengan menghubungi pihak perusahaan asuransi. Anda perlu memberitahukan bahwa mobil yang diasuransikan mengalami kecelakaan atau telah hilang dicuri. Sebagai nasabah, pemberitahuan ini akan diproses oleh pihak perusahaan asuransi. Biasanya perusahaan asuransi akan meminta beberapa dokumen seperti laporan mengenai seberapa besar kerugian yang Anda alami. Laporan ini juga berisi tentang kronologi kejadian yang berhubungan. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan surat-surat yang berhubungan dengan kendaraan Anda. Selain SIM dan STNK, Anda juga sebaiknya mempersiapkan KTP. Polis yang berisi tentang keberadaan Anda sebagai nasabah juga nantinya akan diperlukan. Dokumen tersebut nantinya akan diperlukan selama penyelidikan.

  1. Menemui surveyor

Menemui surveyor merupakan cara klaim asuransi mobil yang selanjutnya. Sebelum melakukan pertemuan, baik surveyor dan Anda harus menemukan kesepakatan mengenai kapan dan dimana pertemuan tersebut akan dilakukan. Dalam pertemuan dengan surveyor, idealnya surveyor akan meminta Anda untuk mengisi formulir. Formulir tersebut harus diisi dengan informasi dasar. Pada saat inilah Anda sebagai nasabah yang memiliki kendaraan terebut juga melaporkan kerugian yang ditanggung. Apabila masih sempat, ada baiknya Anda menunjukkan foto kejadian. Foto terebut dapat dijadikan pertimbangan dalam melakukan penyelidikan lebih lanjut. Hasil dari penyelidikan ini akan membantu untuk menjelaskan apakah Anda berhak menerima klaim tersebut. Hal ini menjadi penting karena beberapa orang sengaja memalsukan keterangan untuk mendapatkan klaim asuransi.

  1. Mendatangi bengkel rekanan

Apabila surveyor sudah memutuskan bahwa kendaraan yang Anda miliki merupakan kendaraan milik Anda dan telah mengalami kecelakaan, maka pihak asuransi akan menerbitkan surat untuk menghubungi bengkel rekanan. Bengkel rekanan merupakan bengkel yang bekerja sama dengan pihak asuransi tersebut. Mobil Anda yang mengalami kecelakaan akan segera mendapatkan perawatan. Semua biaya perbaikan dan perawatan kendaraan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Yang perlu Anda lakukan adalah membawa surat tersebut ke pihak bengkel rekanan dan biarkan mereka yang menangani sisanya.

Itulah tadi sekelumit informasi mengenai cara klaim asuransi mobil. Prosesnya yang sederhana akan dapat membuat Anda menjalaninya dengan lebih mudah pula.

 

Incoming search terms:

  • asuransi mobil suzuki
  • asuransi mobil suzuki ertiga
  • asuransi mobil ertiga 2016 kredit
  • klaim asuransi mobil suzuki cicilan
  • cara mengklam asuransi mobil suzuki
  • cara klaim kecelakaan suzuki ertiga
  • cara klaim asuransi mobil suzuki Surabaya all risk
  • asuransi mobil karimun wagon r
  • klaim ganti radiator mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *