Biaya Perawatan Mobil Matik dan Faktor yang Mempengaruhi

Diposting pada

Biaya Perawatan Mobil Matik dan Faktor yang Mempengaruhi

Mobil matik semakin populer karena lebih praktis dalam penggunaan. Banyak produsen otomotif yang mengeluarkan varian matik untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Perawatan yang teratur sangat berpengaruh pada kelangsungan dan daya tahan mesin. Beberapa faktor menjadi kunci pembentukan BIAYA PERAWATAN MOBIL MATIK yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil.

Perawatan mobil dibagian menjadi tiga kategori. Pertama adalah ringan yaitu mengecek sistem esensial seperti mesin, kelistrikan, dan sebagaianya. Kedua, perawatan dilakukan untuk mengganti komponen ringan, termasuk ganti oli. Ketiga, perawatan untuk memperbaiki sistem sehingga biaya lebih besar. Jika perawatan tidak cukup, maka mobil harus diperbaiki secara total.

  1. Jenis mesin matik atau merek mobil

Mesin matik mobil tidak semuanya sama. Segmentasi mobil sangat berpengaruh pada teknologi yang diterapkan oleh produsen. Mobil matik tipe standar akan memiliki mesin yang lebih sederhana dan mirip dengan manual. Tentu saja BIAYA PERAWATAN MOBIL MATIK tersebut tidak semahal mobil kelas premium. Terdapat perbedaan mobil buatan Jepang, Amerika, dan Eropa terkait teknologi matik. Beberapa mobil telah menggunakan teknologi F1 sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Mobil matik generasi terbaru juga memiliki struktur mesin yang berbeda. Perlu Anda ketahui, teknologi matik mengalami perkembangan pesat seiring dengan permintaan konsumen. Mobil yang diluncurkan lima atau tujuh tahun lalu, tentu akan sangat berbeda mesinnya dengan generasi terkini.

  1. Tingkat kerusakan

Faktor lain yang mempengaruhi BIAYA PERAWATAN MOBIL MATIK adalah tingkat kerusakan. Sebenarnya, perawatan dan perbaikan adalah dua hal yang berbeda. Namun, perawatan juga mengikutsertakan perbaikan pada bagian-bagian tertentu. Perbaikan dini merupakan faktor yang dapat memperpanjang performa mesin. Sebagian besar mesin matik rusak karena keterlambatan pergantian oli serta cara mengemudi yang kasar. Jika Anda merasakan penurunan daya pada mesin, segeral melakukan perawatan ke bengkel resmi. Biaya perawatan dini lebih murah karena tidak mengganti semua komponen. Estimasi biaya sekitar 2 hingga 3 juta. Angka tersebut bisa kurang atau lebih disesuaikan dengan kondisi mobil.

  1. Tempat perawatan atau bengkel

Jika anda memiliki kualifikasi untuk merawat mobil, biaya dapat ditekan lebih rendah. Namun, sebagian besar pemilik mobil matik masih awam tentang mesin. Perawatan di bengkel resmi sangat dianjurkan, terutama untuk mobil kelas premium. Bengkel resmi memiliki montir yang telah memiliki sertifikasi untuk untuk melakukan perawatan. Selain itu, suku cadang yang tersedia lebih lengkap. Ada anggapan bahwa bengkel resmi mematok harga lebih mahal. Anda dapat memilih bengkel lebih murah yang belum terjamin hasilnya dengan resiko mobil akan semakin parah kerusakannya. Uang untuk perawatan justru lebih besar karena membutuhkan perbaikan. Sebaliknya, bengkel resmi mengetahui dengan pasti apa yang dibutuhkan mobil dan hanya bekerja sesuai kebutuhan tersebut. Jadi, bengkel atau tempat merupakan faktor yang ikut serta dalam BIAYA PERAWATAN MOBIL MATIK.

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *