Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matik dengan Sederhana

Diposting pada

CARA MEMPERBAIKI TRANSMISI MOBIL MATIK

Mobil matik menjadi primadona karena mudah dikendarai tanpa harus menggunakan pedal kopling. Kemudahan tersebut berasal dari sistem yang sangat kompleks. Ada beberapa CARA MEMPERBAIKI TRANSMISI MOBIL MATIK yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama sebelum dibawa ke bengkel. Sebelum membahas lebih lanjut, Anda harus tahu terlebih dahulu penyebab dan tanda-tanda kerusakan pada transmisi mobil matik.

Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matik dengan Sederhana

Transmisi mengalami kerusakan karena beberapa hal. Berdasarkan data, mayoritas masalah pada transmisi terjadi karena kelalaian dalam mengganti oli. Matik berbeda dengan manual yang butuh oli lebih sedikit. Oli berkurang juga terjadi karena kebocoran. Cek apakah terjadi tetesan oli dibawah mobil ketika sedang diam. Penyebab lain adalah cara mengemudi yang kasar. Mobil matik memang memberikan akselerasi lebih cepat, tetapi pengemudi jangan menekan pedal gas secara spontan. Mobil tetap membutuhkan penyesuaian dan cobalah menekan secara perlahan. Indikator yang sering muncul adalah kehilangan daya secara tiba-tiba. Ketika mobil melaju pada kecepatan tinggi, Anda merasa mesin berada pada daya rendah dengan spontan tanpa intervensi di bagian transmisi.

Transmisi juga akan mengalami kerusakan  karena usia mobil. Teknologi matik bukan hal yang baru. Jika Anda memiliki mobil generasi awal atau lebih dari sepuluh tahun, transmisi akan mengalami masalah. Ciri-cirinya adalah transmisi tidak dapat berpindah secara normal atau tetap pada satu tempat. Selain itu, transmisi juga terasa menghentak. Semua permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan CARA MEMPERBAIKI TRANSMISI MOBIL MATIK dibawah ini.

  1. Reset ECU

ECU pada mobil matik lebih kompleks dari tipe manual. Cara pertama ketika mendeteksi kerusakan pada transmisi adalah melakukan reset pada ECU. Proses ini dapat dilakukan secara otomatis, karena mobil matik telah terintegrasi dengan sistem digital. Setelah reset selesai, tunggulah beberapa saat. Selanjutnya, Anda hidupkan kembali mesin. Cobalah berkendara dengan pelan untuk mengetahui apakah transmisi telah kembali normal.

  1. Bersihkan oli dan kerak di transmisi

Bagian kedua dari CARA MEMPERBAIKI TRANSMISI MOBIL MATIK adalah membersihkan oli dan residunya. Mesin matik membutuhkan oli dengan siklus lebih pendek. Oleh karena itu, pemilik harus rajin menggantinya. Jika penggantian oli tidak memberikan perubahan signifikan, Anda harus membuka transmisi secara langsung. Bagian tersebut akan tampak kotor yang menghalangi oli untuk bekerja maksimal.

  1. Cek kelistrikan

Sistem kelistrikan mobil juga mempengaruhi transmisi, terutama mobil matik. Sebagaimana yang telah diketahui, mobil matik tidak mengandalkan tuas kopling manual sehingga sistem membutuhkan metode khusus untuk menghubungkan tuas transmisi dengan mesin. Jika Anda melihat satu indikator mati, hal tersebut dapat mempengaruhi sistem kelistrikan mobil secara khusus. Dampaknya memang tidak terasa dengan cepat, terutama jika indikator tersebut bersifat independen. Namun, satu bagian rusak akan menyebar ke bagian-bagian yang lain. Oleh karena itu, salah satu CARA MEMPERBAIKI TRANSMISI MOBIL MATIC adalah mengecek kelistrikan mobil secara menyeluruh.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *