Cara Mengganti Oli Mesin Mobil yang Baik dan Benar

Diposting pada

Mengganti oli mesin pada mobil adalah sebuah pekerjaan yang sangat mudah dan sepele bagi yang sudah memahaminya, namun bagi sebagian orang yang tidak mengetahuinya hal ini terasa sulit atau bahkan mengetahui tapi kurang paham bagaimana cara mengganti oli mobil dengan baik dan benar. Mengganti oli mobil secara berkala sangatlah penting karena akan memberikan efek yang baik pada mesin, salah satunya adalah akan menambah panjang umur pemakaian mesin mobil anda. Berikut Cara Mengganti Oli Mesin Mobil yang Baik dan Benar

Cara Mengganti Oli Mesin Mobil yang Baik dan Benar

Namun sebaliknya jika anda sering mengabaikan kegiatan ini, akan berdampak buruk pada performa mesin, bahkan resiko yang paling fatal adalah mesin mobil anda bisa rusak karena jarang dilakukan penggantian oli mesin dan akhirnya harus turun mesin.

Periode penggantian oli mesin dapat diketahui dari beberapa faktor, yaitu jarak tempuh, kualitas oli yang dipakai, dan bagaimana cara anda mengemudikan mobil anda. Tapi pada umumnya penggantian oli mesin diganti pada setiap kelipatan kilometer 5000, sedangkan penggantian oli filter diganti pada setiap kelipatan 10.000 kilometer.

Berikut ini ulasan singkat bagaimana tata cara atau langkah-langkah melakukan penggantian oli mesin mobil yang baik dan benar:

-Letakkan kendaraan anda pada tempat yang lebih tinggi dan posisinya harus sejajar antara depan dan belakang (tidak boleh miring).

-Buka penutup kap mesin dan lepaskan penutup tempat pengisian oli, agar saat oli dibuang atau dikeluarkan atau dikuras dapat mengalir dengan lancar.

-Siapkan sebuah wadah untuk menampung oli bekas, lepaskan baut penutup di mesin bagian bawah mesin dengan menggunakan kunci offside. Yang perlu diperhatikan adalah pada baut tersebut terdapat sebuah ring atau gasket, pastikan kondisinya dalam keadaan baik, jika rusak sebaiknya diganti dengan yang baru.

-Setelah oli bekas terkuras habis tutup kembali tempat oli, perhatikan ketika pemasangan baut jangan sampai miring, karena akan berakibat kebocoran atau oli akan merembes.

-Setelah baut terpasang dengan baik dan benar, masukkan oli mesin yang baru sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda.

-Untuk mengetahui jumlah oli mesin yang baru tersebut jumlahnya sudah cukup atau tidak, hidupkan mobil anda beberapa saat lalu matikan, cabut stik oli yang ada di sebelah kiri mesin bagian atas, apabila cairan oli menyentuh titik bagian atas berarti jumlahnya cukup dan sebaliknya.

-Setelah mesin di hidupkan, periksa bagian bawah mesin, pastikan tidak ada oli mesin yang menetes di bagian baut tempat pembuangan oli atau pengurasan.

– Satu hal yang perlu kita garis bawahi adalah pekerjaan ini sebaiknya dilakukan saat kondisi mesin dalam keadaan panas, karena pada saat panas oli mesin dalam keadaan lebih encer dibandingkan dengan kondisi dingin, sehingga kotoran yang terlarut pada oli mudah mengalir keluar.

Diatas adalah sedikit informasi tentang bagaimana tata cara melakukan penggantian oli mesin mobil yang baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua, dan terimakasih atas kunjungan anda.

Incoming search terms:

  • oli mesin ertiga
  • ganti oli mobil xenia
  • kapasitas oli mesin l300 solar
  • cara ganti oli mesin mobil xenia
  • cara ganti oli kijang super
  • volume oli suzuki ertiga
  • kapasitas oli mesin ertiga
  • ukuran oli l300
  • kapasitas oli mobil l300
  • oli l300
  • langkah langkah mengganti oil mobil suzuki ertiga
  • oli apa saja yg bagus untuk ertiga
  • mur berapa baut pembuangan oli mesin ertiga
  • mengganti oli suzuki apv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *