Tips Merawat Mobil Agar Jarang Masuk Bengkel

Diposting pada

11 Tips Merawat Mobil Agar Jarang Masuk BengkelSiapapun yang memiliki mobil tentunya punya kekhawatiran jika sewaktu-waktu mobil kesayangannya masuk bengkel, selain perkara uang yang harus dikeluarkan di sisi lain adanya waktu yang harus diluangkan untuk pergi ke bengkel. Sehingga banyak orang yang memiliki mobil ingin melakukan perawatan untuk menghindari mobilnya masuk ke bengkel.

tips merawat mobil agar jarang masuk bengkel

Meskipun merawat mobil secara rutin dan teratur bukan perkara mudah, melainkan sulit dari hal konsistensi dan ketersediaan waktu. Terkadang hal itu hanya menjadi niat dan keinginan karena pada prosesnya mengalami kegagalan karena kemalasan pemilik mobil.

Apa sajakah ? Berikut ini uraiannya.

  1. Meskipun mobil yang anda miliki masih dalam garansi, bukan berarti anda tidak boleh memilih bengkel yang dipercaya dengan harga yang lebih miring tanpa anda harus membatalkan garansi. Maksudnya lakukan sesuka anda untuk melakukan servis pada mobil anda.
  2. Ketika anda membeli mobil baru, maka anda akan diberikan buku manual kendaraan (servis), oleh sebab itu ikuti aturan servis yang tertuang dalam buku manual tersebut untuk penggantian Oli dan filter secara berkala. Biasanya dalam manual tersebut oli dan filter harus diganti setiap 4000 mil (6.400 km) jika menggunakan oli mesin konvensional dan setiap 6000 mil (9.600 km) jika menggunakan oli mesin sintesis.
  3. Anda perlu mengetahui ada oli yang harus diperiksa selurunya, seperti oli rem, oli power steering, dan oli transmisi. Karena semua cairan ini memainkan peranan penting dalam keselamatan dan kinerja kendaraan anda.
  4. Pastikan mesin mobil anda selalu di tune up. Seperti busi yang kotor terkadang mengurangi efisiensi bahan bakar hingga 30 persen.
  5. Lakukan pemeriksaan ban sebulan sekali. Ban yang kempes bisa menyebabkan berkurangnya efisiensi bahan bakar mobil anda dan juga memperpendek umur ban pada mobil anda. Pakai tekanan angin standar sehingga andapun terasa nyaman mengendarainya.
  6. Anda wajib memastikan aki, kabel dan komponen listrik lainnya bebas dari kotoran maupun karat. Karena akan berpengaruh pada kondisi lampu dan kelistrikan lainnya pada mobil anda. Sifat kabel yang disenangi semut dapat berpengaruh menyebabkan penyumbatan pada aliran listrik mobil anda.
  7. Sasis mobil anda harus sering dilumasi, hal ini dilakukan untuk memperpanjang umur komponen bergerak dari suspensi kendaraan anda.
  8. Anda diwajibkan untuk memeriksa sistem pencahayaan seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sein dan lampu rem. Karena lampu-lampu tersebut berperan vital ketika anda berkendara baik di siang maupun malam hari.
  9. Lakukan pemeriksaan pada bilah wiper mobil anda apakah anda keretakan atau kerusakan, jika ada maka minimal setahun sekali atau lebih cepat anda ganti untuk menjaga kaca anda terhindar dari goresan.
  10. Lakukan pemeriksaan pada sistem penyaringan udara. Anda harus memeriksa saringan udara kira-kira setiap dua kali ganti oli untuk melakukan pembersihan kotoran dan sumbatan.
  11. Melakukan pemeriksaan dan penggantian filter udara kabin secara teratur. Fungsi filter udara kabin sebagai tempat penyaring udara sehingga berpengaruh pada kualitas udara yang anda hirup ketika berada di mobil.

Itulah 11 tips merawat mobil agar jarang masuk bengkel yang dapat diberikan untuk anda. Informasi ini tidak akan berarti apa-apa jika hanya menjadi informasi, yang penting adalah anda harus menerapkan semua tips di atas jika mobil anda ingin terawat secara maksimal. Selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • perawatan mobil karimun wagon r
  • bengkel karimun gx surabaya
  • cara memelihara karimun wagon
  • cara perawatan ertiga
  • perawatan mobil wagon r
  • perawatan penting mobil ertiga
  • perawatan suzuki ertiga
  • servis shockbreaker mobil ertiga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *